Sunday, May 27, 2007

Latar Belakang

1. Sistem absensi karyawan ini mencatat jam masuk dan jam keluar setiap karyawan yang ada di STIKOM. Sistem ini dibuat oleh bagian Penerapan dan Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI) STIKOM yang berlokasi di lantai 8 gedung biru STIKOM, Jl. Kedung Baruk 98 Surabaya.

2. Setiap karyawan yang telah mempunyai jam kerja tetap memakai mesin fingerprint setiap datang dan pulangnya yang akan dicatat dalam database. Selain dengan fingerprint, beberapa karyawan seperti karyawan ikatan dinas, karyawan yang tidak dapat login dengan fingerprint (mungkin karena jarinya terluka dsb) menggunakan absensi manual yang ditulis pada kertas absensi di pos satpam atau di admin prodi yang akan diinputkan kemudian oleh bagian PSDM.

3. Absensi ini juga akan memberikan keterangan apakah seorang karyawan sudah tepat waktu, terlambat tanpa ijin, terlambat dengan ijin, ijin, atau yang lainnya berdasarkan jam masuk dan jam keluar karyawan.

4. PPTI memiliki Jaringan Area Lokal (LAN) yang menghubungkan 1 gedung dengan kabel serat optik (FO).

5. Sistem absensi karyawan ini selanjutnya dapat digunakan oleh berbagai departemen yang ada di STIKOM antara lain Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Stikom dalam menghitung gaji, uang makan, uang lembur karyawan.

by: Anita (04410100015) dan Meity (04410100079)

No comments: